Bagian-bagian Gorden

 Sebelum kami memperkenalkan mengenai bahan atau jenis kain gorden, kami akan menjelaskan tentang bagian-bagian gorden terlebih dahulu. agar agan dan sista pemburu gorden tidak bingung menyebutkan ketika ingin bertanya atau order mengenai produk2 gorden. Nah yang pertama mengenai gorden sendiri yaitu bagian utama gorden biasa disebut badan gorden, atau bagian dari gorden yang paling luar. Sedangkan bagian dalam gorden yang berbahan tipis disebut vitrase. Bagian atas gorden yang memberi kesan indah disebut poni. Tali yang mengikat gorden dan memberi kesan rapi disebut sibory. Pengait tali biasa disebut hook. Rollet adalah pipa tempat mengaitkan penggantung gorden dengan gorden, Rollet ini biasanya dilengkapi dengan tutup rollet. Adapun penggantung gorden disebut ring. Sedangkan tempat mengaitnya vitrase (atau gorden jika memakai poni) biasanya menggunakan rel.

   Dari segi cara menggantungnya/mengaitnya, model gorden dibagi menjadi dua, yaitu smokring dan biasa/standar (menggunakan ring). Untuk beberapa dekade ini, sedang ngetren gorden dengan model smokring, yaitu menggantungkan gorden langsung melalui lubang yang terdapat pada badan gorden bagian atas. selain itu, tersedia juga model spending untuk menghias jendela.
  Untuk memperjelas bagian-bagian gorden yang kami paparkan, berikut gambar-gambar bagian gorden (yang belum kami cantumkan di artikel sebelumnya) :
          Gb. Badan gorden dan vitrase

                         Gb. Tutup rollet
                   
Gb. Gorden model spending
Gb. Poni

Gb. Sibory
Gb. Hook
     Demikian, penjelasan mengenai bagian dan model-model gorden ala mumtazz gorden. Semoga memberi manfaat untuk agan dan sista. Baca juga artikel kami selanjutnya mengenai jenis kain gorden. Wassalam, Happy shopping..

Komentar